7 Inovasi Teknologi di Bidang Transportasi yang Akan Mengubah Masa Depan, Kamu Harus Tahu!


Membahas mengenai teknologi adalah hal yang akan selalu mengalami perubahan dan perkembangan dari waktu ke waktu. Dalam berbagai bidang, teknologi selalu memiliki celah untuk hadir di dalamnya termasuk dalam bidang transportasi. Nah, berikut ini adalah inovasi teknologi di bidang transportasi yang akan mengubah masa depan dan wajib kita ketahui supaya tidak kudet!


Mobil Tanpa Pengemudi atau Driverless Car


Inovasi teknologi di bidang transportasi yang pertama adalah mobil tanpa pengemudi. Mobil ini dikendalikan oleh komputer dan dirancang dengan sebuah sistem sensorik serta kamera yang terpasang di dalamnya.


Dengan adanya sistem sensor dan kamera tersebut, mobil dapat melaju dengan aman karena lingkungan di sekitar mobil dapat teramati dengan baik. Dengan demikian, risiko terjadinya kecelakaan dapat dihindari.


Adanya inovasi teknologi di bidang transportasi ini dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat human error. Mobil ini juga dinilai aman dan efisien untuk digunakan dalam perjalanan jauh karena memiliki sistem lalu lintas yang saling terhubung dan dapat berkomunikasi satu sama lain sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan.


Meski demikian, rangkaian uji coba terus dilakukan oleh para insinyur guna menjamin keamanan dan keselamatan pengguna mobil tanpa pengemudi ini. 


Mobil Terbang


Mobil terbang juga menjadi salah satu inovasi teknologi di bidang transportasi yang tak kalah kerennya. Sesuai namanya, mobil terbang ini dibuat agar bisa terbang layaknya pesawat atau helikopter.


Mobil terbang ini didesain dengan sayap yang menghiasi kedua sisinya dan dikendalikan oleh komputer. Mobil terbang juga bisa menjadi salah satu bentuk revolusi di bidang transportasi. Melalui mobil terbang ini tentunya bermanfaat dalam mengurangi kemacetan lalu lintas terutama di kota-kota besar. Dengan demikian, waktu perjalanan yang ditempuh pun akan lebih hemat dan efisien.


Beberapa tahun ke depan, mobil terbang ini diprediksi akan mulai diproduksi. Meskipun saat ini  masih dalam tahap awal pengembangan, beberapa perusahaan seperti Airbus dan Terrafugia sudah mulai menggarap proses produksi mobil terbang ini.


Motor dan Mobil  Listrik


Selain ada kompor listrik, kini mobil dan motor pun sudah merambah ke listrik sebagai tenaga penggeraknya. Sebagai salah satu inovasi teknologi di bidang transportasi, motor dan mobil listrik ini dipercaya dapat mengurangi polusi dan lebih efisien.


Mobil dan motor listrik ini juga dinilai lebih hemat bahan bakar atau energi yang dikeluarkan dalam setiap perjalanan yang ditempuh. Keberadaan mobil dan motor listrik ini tentunya tentunya mendukung terciptanya kota pintar atau smart city sebagai penanda atau simbol kemajuan sebuah negara.


Pesawat Listrik atau  Electric Plane


Inovasi teknologi di bidang transportasi juga merambah ke pesawat terbang. Tidak hanya mobil maupun motor yang berusaha diciptakan agar ramah lingkungan atau eco friendly, melainkan juga pesawat terbang. 


Pesawat kini mulai dikembangkan agar bisa ramah lingkungan dengan menciptakan bahan bakarnya menggunakan baterai dan solar panel. Dengan bahan bakar tersebut memungkinkan pesawat menjadi ramah lingkungan, lebih irit dan lebih cepat.


Kereta Maglev


Siapa yang tak tahu dengan jenis transportasi yang satu ini? rasanya hampir semua orang bahkan sudah pernah menaiki kendaraan yang satu ini. Selain lebih nyaman, menaiki kereta api juga mengefisiensi waktu perjalanan, mengurangi kemacetan dan traffic kendaraan di jalan raya. 


Kereta api juga memiliki ruang yang lebih luas sehingga mampu menjangkau lebih banyak penumpang dibandingkan bus. Selain itu, kereta api juga rendah emisi sehingga mampu mengurangi polusi udara. Oleh sebab itu, terus dilakukan pengembangan agar transportasi kereta api semakin menunjukkan performa terbaiknya.


Di masa depan, kereta maglev menjadi inovasi baru di bidang transportasi perkeretaapian. Kereta maglev adalah kereta api berkecepatan tinggi dan memiliki elektromagnetik yang kuat sehingga menghasilkan levitasi magnetik. Hal ini menyebabkan kereta mampu bergerak lebih cepat dengan sedikit kebisingan dan getaran dibandingkan dengan kereta biasa. 


Akan tetapi, kereta maglev ini memiliki kelemahan. Kereta biasa mampu beroperasi dalam cuaca apapun, tetapi tidak dengan kereta maglev ini. Kereta maglev akan mengalami penundaan operasi jika cuaca dan mekanik tidak mendukung. Hal ini karena akan berakibat penurunan getaran dan gesekan.


Nah, itulah beberapa inovasi teknologi di bidang transportasi yang digadang-gadang akan mampu mengubah masa depan. Bagaimana menurutmu?








Komentar